Laporan dari QT Smartphone Developer Workshop – Bandung Day 1

Hari ini, saya menghadiri undangan untuk mengikuti QT Smartphone Developer Workshop yang diadakan oleh Forum Nokia dan bertempat di Aston Primera Pasteur โ€“ Bandung. Saya tidak sendirian dalam menghadiri acara ini, beberapa teman saya juga ikut berangkat bersama saya yaitu Rendy, Bhakti Fahdiansyah, dan Rinaldi Guarsa. Bahkan ketika saya sampai di sana saya bertemu dengan Dicky Dwijayanto, Fajar Budhi Iswanda alias Koyan, Pak Firstman Marpaung mantan ketua MUGI Bandung, Yugie Nugraha dan Irfan Musthafa Kamil MSP dari Unikom, Dani R Taufani MSP Lead Jawa Barat yang ikut dengan tim DyCode dalam mengikuti acara ini, juga Andriyadi CEO DyCode dan Narenda Wicaksono Developer Marketing Nokia Indonesia, dan juga masih banyak lagi yang saya kenal dan mengikuti even ini.

Setelah sampai ke Aston Primera dan sedikit tersesat dalam mencari ruangan workshop ini, akhirnya kami sampai di TKP. Dalam daftar ulang kami dilayani oleh mbak yang berbahasa Indonesia namun berlogat English dan diberi Name Tag, pulpen, dan sebuah thumbdrive eksklusif dari Nokia berkapasitas 4 GB (lumayan.. Keren.. Hehe)

Name Tag saya

Thumb Drive keren dan gratis dari Nokia

Setelah puas dengan daftar ulangnya, saya bersama Rendy masuk dan langsung disuruh duduk di depan oleh Pak Firstman, dan kami langsung mau-mau tapi malu dan maka dari itu kami puas mengikuti workshop ini dengan duduk di depan.

Bukti bahwa kami duduk di depan, terlihat Rendy sedang ngoprek Laptop dan duduk di jajaran paling depan. ๐Ÿ˜›

Workshop langsung dimulai dengan sesi pertama yang dibawakan oleh Mbak Upik Sidarta, Developer Relations Manager, Forum Nokia & Developer Community, Indonesia yang membawakan materi “Developers Matter : Building a winning mobile ecosystem”. Dan ternyata sesi ini adalah satu-satunya sesi pada workshop hari ini yang berbahasa Indonesia, selebihnya ber-English ria. ๐Ÿ˜€

Slide pada sesi pertama.

Lalu sesi 1 selesai, dilanjutkan dengan materi “Developing on Nokia platforms for the web and native development with Qt on smartphone” yang dibawakan oleh Nicholas Foo, Head of Technical Services and Consultancy, APAC Forum Nokia & Developer Community, APAC. Singkatnya om yang satu ini datang dari negeri Singapura. Yang saya tangkap dari sesi ini adalah bahwa QT SDK dapat digunakan untuk Development Environment, Testing, Translation, dan Help. Lalu QT Framework dapat digunakan untuk bagian UI, Networking, Location (GPS), dan Web Integration. Terakhir QT adalah multiplatform framework, dapat diimplementasikan ke: Windows, Mac OS, Linux /X11, Embedded Linux, Windows CE, Maemo / MeeGo, dan Symbian.

Sesi kedua yang dibawakan oleh Nicholas Foo

Sesi ketiga adalah pengenalan sebelum memasuki workshopnya. Dibawakan oleh seorang wanita dari Singapura yang nantinya juga akan mendampingi kami dalam workshop dua hari ini. Sesi ini berjudul “Introduction to Qt, Qt SDK and Qt Basic”. Wanita ini bernama Eilen Khoo dan menjabat sebagai Senior Technology Expert, Forum Nokia & Developer Community, APAC. Selesai sesi ini adalah Coffee Break sehingga kami beristirahat sejenak.

Rinaldi Guarsa sedang tertawa ria dalam Coffee Break ini

Setelah Coffee Break yang santapannya lumayan ini, kami kembali masuk ke ruangan dan melanjutkan workshop ini. Workshop dilanjutkan dan kami mulai memasuki praktek dan otak kami mulai memanas. ๐Ÿ˜›

Sesinya berjudul “Qt GUI, Event Handling, Qt Linguist” dan masih dibawakan oleh mbak Eilen Khoo.

Laptop yang saya gunakan dalam workshop ini (hasil meminjam dari Juwita Juanda, big thanks Juw!! :D). Tampak juga di layar laptop tersebut aplikasi hasil karya saya. J

Kalau yang ini Laptop Rendy

Ini laptop saya lagi dan terlihat hasil aplikasi penghitung BMI buatan saya

Setelah sesi ini, dilanjutkan dengan sesi yang ditunggu-tunggu yaitu Lunch!!! ๐Ÿ˜€

Rendy termenung sesaat sehabis Lunch

Setelah Lunch kami langsung sholat.

Suasana di sekitar Musholla

Selesai sholat kami mulai lagi workshopnya dan mulai membuat aplikasi-aplikasi lainnya dengan tetap didampingi oleh Mrs. Eilen Khoo. Dan saya dan Rendy berkesempatan mendeploy langsung aplikasi buatan kami ke Nokia N8 setelah saya meminjam handset Nokia N8 langsung ke Mbak Eilen Khoo. J

HP N8 hasil pinjaman dari Mrs. Eilen Khoo

Lumayan gaul HP N8 ini

Aplikasi coba-coba buatan saya dan Rendy yang dideploy ke N8 hasil pinjaman

Aplikasi web browser sederhana buatan Rendy

Aplikasi browser sederhana buatan saya yang dideploy ke N8

Rendy sedang mencolokkan N8 hasil pinjaman ke laptopnya

Setelah sesi ini selesai ada coffee break lagi dan setelah coffee break dilanjutkan sesi yang masih dikapteni oleh Mrs. Eilen Khoo. Sesi ini berbicara tentang Qt Webkit & Qt Mobility dan kesimpulan dari workshop hari ini. Pokoknya pada sesi yang ini saya sudah mulai tidak fokus dan mendengarkan sekilas-sekilas. Setelah sesi ini workshop hari ini selesai dan kami pun pulang dengan membawa pulang ilmu dan oleh-oleh dari Nokia lainnya. J. Jangan mengira N8 nya kami bawa pulang, kami kembalikan kok. Walau dikembalikannya setelah Mrs. Khoo berucap “I think I miss one of my N8!”. ๐Ÿ˜›

Melihat workshop hari pertama ini, yang ada di benak saya adalah bahwa Nokia sangat serius dalam upayanya menciptakan ekosistem dalam Qt Development sehingga saya tertarik untuk belajar lebih dalam di Qt Development ini. Saya juga tidak sabar menunggu esok hari di mana adalah hari kedua dan terakhir dari workshop ini. Dan sekarang status saya dalam Qt Development adalah Setengah Siap. J

Comments
One Response to “Laporan dari QT Smartphone Developer Workshop – Bandung Day 1”
Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] setelah kemarin puas mengikuti workshop hari pertama, kini giliran hari kedua. Pada hari kedua acara ini langsung dimulai dengan workshop langsung yang […]



We need your comment here. Please leave it below.