Berbagi di SMK Negeri 1 Pangandaran

Pada tanggal 16 Desember 2011 lalu, saya bersama staff dan pengurus lain dari ComLabs USDI ITB  mengikuti acara refreshing akhir tahun dari ComLabs USDI ITB ke pantai Pangandaran. Acara tersebut berlangsung dari tanggal 16 sampai 18 Desember 2011. Disela-sela berlibur, beberapa dari kami tetap ingat pada semangat berbagi dari Pojok Pendidikan, kami mengunjungi SMK Negeri 1 Pangandaran untuk berbagi. 😀

Yang saat itu mengunjungi SMK Negeri 1 Pangandaraan adalah saya, Pak Djadja Sardjana, Pak Drs. Iwan Ardhie Priyana, mas Galih Nurkahfi, dan rekan  saya Gilang Abdul Aziz. Kami memang sudah berencana untuk membawakan topik materi kami masing-masing.

Saat itu yang pertama membawakan materi adalah mas Galih Nurkahfi dengan materinya tentang IT Infrastructure. Materi ini dibawakan untuk mengenalkan guru-guru di sana tentang Internet dan penggunaanya pada dunia pendidikan. Setelah itu giliran saya yang membawakan materi, saya membawakan materi tentang Authoring Tools dan bagaimana hasil dari Authoring Tools tersebut supaya bisa dimasukkan ke dalam Learning Management System (LMS) di mana materi tentang Learning Management System ini dibawakan berikutnya oleh rekan saya Gilang Abdul Aziz.

Setelah itu giliran pak Drs. Iwan Ardhie Priyana, seorang ahli Hypnoteaching membawakan materi tentang Hypnoteaching, yaitu  bagaimana seorang guru dapat membuat siswa-siswanya dapat lebih mudah memahami materi dengan bantuan ilmu hipnotis. Dijelaskan juga bahwa hipnotis itu sendiri bukan sebuah ilmu yang jahat atau ilmu ghaib ataupun ilmu hitam, hipnotis itu adalah sebuah metode bagaimana membuat manusia dapat menerima sugesti dengan lebih mudah.

Setelah itu giliran pak Djadja, seorang profesional yang peduli kepada pendidikan. Beliau berbagi tentang teaching fundamental itu sendiri. Bagaimana kegiatan belajar mengajar yang menggunakan teknologi informasi dapat membuat kegiatan belajar mengajar itu sendiri menjadi lebih efektif.

Sekian laporan dari SMKN 1 Pangandaran, semoga kami bisa berkesempatan untuk berkeliling lagi untuk berbagi dengan banyak aktivis pendidikan di manapun di seluruh Indonesia. 😀 Berikut dokumentasinya:

Peserta dari Acara Pojok Pendidikan di SMKN 1 Pangandaran

Laptop saya mejeng di depan hehe

Gilang Abdul Aziz di depan plang SMKN 1 Pangandaran

Saya sendiri di depan plang SMKN 1 Pangandaran

Spanduk Pojok Pendidikan di SMKN 1 Pangandaran

Comments
2 Responses to “Berbagi di SMK Negeri 1 Pangandaran”

We need your comment here. Please leave it below.