Perbedaan Multi-thread dan Multi-core pada Prosesor

Pada komputer, proses adalah satuan-satuan dari program komputer yang dapat dieksekusi secara terjadwal. Program komputer adalah kumpulan instruksi-instruksi dan proses adalah eksekusi dari instruksi-instruksi tersebut.

Lalu ada juga istilah thread. Thread adalah satuan-satuan terkecil dari proses yang dapat dieksekusi oleh sistem operasi secara terjadwal.

Satu prosesor pada komputer hanya dapat mengerjakan satu proses pada satu satuan waktu, begitu juga dengan thread, sebenarnya hanya satu thread yang dapat dikerjakan oleh satu prosesor pada satu satuan waktu. Konsep thread hanya menawarkan kelebihan pada penjadwalan saat memroses thread-thread tersebut.

Ketika muncul konsep multithread dan multicore pada prosesor, perbedaan mendasarnya adalah bahwa multithread meningkatkan kinerja dengan cara mendukung lebih dari satu pekerjaan yang dapat dilakukan prosesor secara paralel pada tingkat thread sedangkan pada multicore prosesor dapat mendukung lebih dari satu pekerjaan yang diproses secara paralel pada tingkat proses secara sepenuhnya, karena pada multicore sebenarnya sama dengan ada lebih dari satu komputer atau lebih dari satu prosesor yang bekerja bersamaan dan dapat mengerjakan lebih dari satu proses yang berbeda.

Ada konsep multithread pada sistem operasi di mana sistem operasi membuat seolah-olah dapat menjalankan lebih dari satu thread secara sekaligus. Padahal, hanya penjadwalan thread yang menggunakan konsep TDM (Time-division multiplexing) yaitu menjalankan beberapa thread secara bergiliran secara simultan sehingga seolah-olah berjalan bersamaan dan ini tidak banyak mempercepat dalam pengerjaan thread karena sebenarnya tetap saja thread yang dikerjakan hanya satu thread per satuan waktu. Nah sedangkan pada konsep multithreading pada prosesor, teknologi prosesor benar-benar memungkinkan lebih dari satu thread dikerjakan dalam satu waktu.

Lalu pada konsep multicore, benar-benar bisa lebih dari satu proses yang dijalankan dalam satu waktu karena ada lebih dari satu prosesor yang bekerja mengerjakan masing-masing proses. Dan dewasa ini, sudah bermunculan prosesor yang mendukung multicore dan multithread sekaligus. CMIIW.🙂

Comments
2 Responses to “Perbedaan Multi-thread dan Multi-core pada Prosesor”
  1. Andri Priyanto mengatakan:

    nice info gan.. :thumbup😀

We need your comment here. Please leave it below.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: