Laporan dari Hari Kedua Qt Smartphone Developer Workshop – Bandung

Disela-sela kesibukan dalam kepanitiaan Dinamik6 yang dalam hal ini saya menjabatani koordinator pusat Logistik, saya menyempatkan diri untuk pergi ke acara workshop yang diadakan oleh Nokia dan berjudul “Qt Smartphone Developer Workshop – Bandung”. Acara ini bertempat di Aston Primera, Pasteur-Bandung dan berdurasi selama 2 hari full day. Acara ini juga pernah diadakan di Jakarta pada akhir tahun 2010, dan sekarang acara yang serupa diadakan di Bandung. Sebelum mengikuti acara workshop ini, saya juga menyempatkan diri untuk mengikuti acara “Qt Smartphone Developer Day” yang diadakan oleh Nokia di Hotel Shangri-la, Jakarta untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu Qt development.

Nah, setelah kemarin puas mengikuti workshop hari pertama, kini giliran hari kedua. Pada hari kedua acara ini langsung dimulai dengan workshop langsung yang masih dibawakan oleh Mrs. Eilen Khoo dengan materi yang melanjutkan materi hari kemarin yang belum selesai yaitu “Qt Hybrid, Qt Mobility API”. Pokoknya saya kurang mengikuti materi yang ini karena ketika kemarin masuk materi ini saya sudah terlampau lelah jadi saya hari ini juga agak malas untuk melanjutkan materi ini, lagi pula semua materinya sudah ada di Thumbdrive yang diberikan, jadi pikir saya coba di kostan saja lah.😛

Selesai sesi tersebut adalah Coffee Break. Pada Coffee Break ini saya tidak terlalu menikmati makanan karena saya ditelepon oleh Dekan Fasilkom Universitas Dehasen Bengkulu dan diminta oleh beliau untuk mengisi materi di Bengkulu. Alasan saya tidak terlalu menikmati makanan adalah karena saya terlalu semangat karena itu akan menjadi kali pertama saya ke Bengkulu, menggunakan pesawat terbang dan diongkosi hoho.

Selesai Coffee Break langsung masuk ke sesi berikutnya yang ketika saya masuk sedang dibawakan oleh ibu Upik Sidarta dan dilanjut oleh Mrs. Eilen Khoo yang berjudul “Wrap application with Nokia Smart Installer and test on S60 device” dan “Step by step guide for free Nokia Signing to submit to Ovi Store.” Dari sesi ini diperlihatkan bagaimana membuat installer .sis untuk Nokia S60 device dan bagaimana mensubmit aplikasi kita secara gratis ke Ovi Store. Juga diperlihatkan apa saja perbedaan antara tipe publisher di Ovi Store.

Sesi berikutnya adalah Lunch. Lagi-lagi makanannya mahal dan nampaknya mahal.😛 Selesai lunch lalu dilanjut dengan sholat.

Setelah sholat lalu dilanjut dengan sesi berikutnya yang berjudul “Introduction to Qt Quick (QML) in Qt 4.7” yang masih dibawakan oleh Mrs. Eilen Khoo. Memang super duper sekali mbak yang satu ini, jauh-jauh dari Singapura bawain materi dua hari full day. Dan pada sesi yang ini, Mrs. Khoo suaranya sudah kadang-kadang terdengar parau dan langsung menjadi gelak tawa para hadirin dan membuat Mrs. Khoo malu-malu senyum sehingga lumayan mencairkan suasana.

Pada sesi yang ini, kami pertama-tama membuat aplikasi perubah warna sederhana yang sering saya lakukan di flash. Dan saya (yang lagi-lagi duduk di depan dan di sebelah Rendy) berhasil selangkah lebih maju dengan menambahkan animasi transisi pada aplikasi saya, sedangkan aplikasi milik Rendy tidak jauh berbeda dengan yang ada di modul. Namun pada exercise berikutnya kami disuruh membuat aplikasi animasi traffic light, merah-kuning-hijau dan seterusnya menggunakan state yang ada pada Qt. Rendy berhasil membuat aplikasi tersebut, namun aplikasi saya hanya lampu kuningnya saja yang kelap-kelip dan lebih mirip dengan lampu sen-sen yang ada di mobil di banding dengan traffic light. Pada sesi ini kami memang dikenalkan dengan QML sehingga mudah untuk membuat aplikasi-aplikasi tersebut.

Selesai sesi ini adalah selesainya workshop ini, kami diberi angket tentang acara ini yang tentu saja saya isi angket tersebut dengan nilai hampir sempurna untuk acara workshop ini. Selain itu juga kami dibagikan sertifikat dan goodies sederhana bermerk Nokia yang saya tak tahu fungsinya untuk apa.

Sebelum pulang, saya bersama beberapa teman menyempatkan diri untuk menikmati coffee break terlebih dahulu dan berikut foto dari sertifikat saya:

Sekian pengalaman saya pada acara Qt Smartphone Developer Workshop – Bandung kali ini. Terimakasih Nokia, saya sadar Anda sedang berusaha membangun ekosistem dalam pengembangan Smartphone Anda, dan langkah Anda selama ini bisa saya bilang sukses dalam menarik minat para developer di Indonesia. Juga untuk rekan-rekan yang ingin mengetahui lebih lanjut apa itu Qt development atau jika ingin meminta materi yang ada di workshop ini bisa menghubungi saya. Walau saya orangnya tidak memberikan semua produk buatan saya sebagai sesuatu yang gratis atau Open Source, tapi saya orangnya Open Knowledge, jadi sangat senang dalam berbagi ilmu dan tak mungkin menutup-nutupi ilmu yang saya miliki, pasti akan saya bagikan semuanya tak akan setengah-setengah. Bukan source codenya yang saya bagikan, tapi ilmunya sehingga Anda akan dapat membuat source code seperti yang saya buat dan bahkan lebih hebat lagi.😀

Comments
3 Responses to “Laporan dari Hari Kedua Qt Smartphone Developer Workshop – Bandung”
  1. intan mengatakan:

    wow…..semangatku kembali membara….

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] belajar lebih dalam di Qt Development ini. Saya juga tidak sabar menunggu esok hari di mana adalah hari kedua dan terakhir dari workshop ini. Dan sekarang status saya dalam Qt Development adalah Setengah Siap. […]



We need your comment here. Please leave it below.

