QT Smartphone Developer Day

Pada tanggal 2 Februari 2011 kemarin, Nokia bekerjasama dengan Chip mengadakan QT Smartphone Developer Day bertempat di Hotel Shangri-La Jakarta. Dilihat dari namanya, acara ini memang ditujukan bagi para developer mobile khususnya smartphone. Saya bersama 4 teman saya yaitu Rendy, Dicky Dwijayanto, Bhakti Fahdiansyah dan Rinaldi Guarsa pergi ke sana untuk mengikuti even langka ini. Berikut cerita pengalaman kami dalam mengikuti even ini.

Sore hari sehari sebelum even ini saya dan Bhakti memesan tiket kereta untuk pulang pergi Jakarta – Bandung namun ternyata tiket kereta eksekutif untuk tujuan pulang dari Jakarta ke Bandung sudah habis. Akhirnya kami nekat ambil tiket untuk pergi sementara untuk pulang kami urus nanti. Alternatifnya kami mencari travel Jakarta-Bandung dan kami mendapatkan beberapa travel dan tertarik pada sebuah travel yang menawarkan diskon kepada mahasiswa dengan memberikan fotokopi KTM. Maka kami pun berencana memesan tiket travel ini di Jakarta karena harus mengurusi fotokopi KTM dulu dari teman-teman yang lain dan tidak akan sempat malam ini untuk pemesanan tiketnya. Akhirnya kami pulang sambil berhujan-hujanan ria.

Malamnya saya memesan taksi untuk menjemput kami. Dan keesokan paginya, perusahaan taksi tersebut menghubungi kami bahwa mereka kehabisan armada, di waktu yang semakin menyempit supaya tidak tertinggal kereta akhirnya kami mendapatkan taksi dari provider taksi lain. Akhirnya kami berangkat namun terpaksa harus kembali lagi karena headset saya terjatuh ketika saya menaiki taksi. Untung headset tersebut tidak sempat hilang.

Sesampainya di stasiun kami langsung naik kereta dan sialnya lagi ternyata ada penumpang gelap seorang ibu-ibu yang menempati salah satu kursi kami, kami tidak enak jika harus menyuruh ibu-ibu tersebut untuk berdiri maka terpaksa kami harus duduk bersempit-sempitan sambil setengah berdiri sampai Jatinegara tempat si ibu tersebut turun.

Di kereta saya sempat menghubungi travel untuk perjalanan pulang kami, dan ternyata semua travel yang dihubungi sudah penuh. Akhirnya kami memutuskan mau mencoba beli tiket kereta di Gambir.

Sesampainya di Gambir, kami langsung mengecek keberadaan tiket pulang dan hore! Kami mendapatkan tiket kereta eksekutif untuk pukul 19.00! Walau agak mepet dengan waktu selesai acara, kami ambil saja kereta tersebut lalu kami ngemil-ngemil dahulu sejenak di minimarket terdekat lalu melanjutkan perjalanan menggunakan TransJakarta, dan mungkin karena esoknya hari Imlek, kami mengantri panjang di halte Harmoni. Dan akhirnya kami sampai di Halte Dukuh Atas! Halte terdekat dengan Hotel Shangri-La Jakarta.

Setelah berjalan kaki cukup jauh, akhirnya kami bisa masuk ke tempat yang kami cita-citakan dari sejak pagi. Namun kami terlambat sekitar 2 jam dalam acara ini, namun tak apa, kami langsung asyik menerima materi.

Berikut foto-foto saat di dalam.

Bhakti yang duduk tepat di depan saya (dan paling depan) sedang menempati tempat duduk.

Suasana ketika acara sesi 2 setelah istirahat baru akan dimulai.

Bhakti tampak riang gembira.

Presentasi dari CEO Armanovus.

Bhakti sedang asyik menyimak.

Suasana meja kerja saya di acara ini.

Sesi terakhir Q&A.

Setelah acara selesai, kami langsung cabut dan segera mencapai Gambir untuk menaiki kereta jam 19. Namun ternyata di jalan hujan dan halte Harmoni (lagi-lagi dan kali ini lebih parah) ngantri kembali. Akhirnya kami memutuskan untuk naik taksi saja dari Harmoni ke Gambir karena TransJakarta sepertinya tidak memungkinkan. Dan karena hari hujan, sulit sekali menghentikan taksi. Akhirnya Bhakti berkorban untuk berhujan-hujanan menghentikan taksi untuk dinaiki oleh kami. Bhakti is The Hero of The Day!

Sesampainya di Gambir kami langsung naik kereta dan tertidur lelap di sana sampai akhirnya sampai di Bandung sekitar pukul 22.45 dan dijemput oleh Manda. Big Thanks Manda! J

Apa yang kami dapatkan dari even ini? Diantaranya yang tertera di catatan saya adalah berikut:

Mobile industry is:

• BIG (2,2 miliar pengguna)
  • Clear Target Market
  • Reaching Local & Global Market

Top mobile services – Operation Channel:

• Music (RBT)
  • Religious Content
  • Games
  • Community (SNS, IMS)
  • Soccer

Dan sekarang sedang trend, Social Games.

Possible tech:

• Location Based Service (GPS)
  • Photo – Barcode
  • Workflow
  • Graphics – KPI
  • Internet

Terimakasih Nokia sudah mengundang kami, even yang sangat hebat sekali. Dan sekarang saya sedang menunggu workshopnya tanggal 7-8 Februari 2011 di Hotel Aston Primera Pasteur, Bandung.

Comments
One Response to “QT Smartphone Developer Day”
Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] Sebelum mengikuti acara workshop ini, saya juga menyempatkan diri untuk mengikuti acara “Qt Smartphone Developer Day” yang diadakan oleh Nokia di Hotel Shangri-la, Jakarta untuk mengetahui terlebih dahulu apa […]

We need your comment here. Please leave it below.