Memilih Apple Reseller Store di Kota Bandung

Ada banyak Apple Reseller Store di Kota Bandung, di BEC ada Velocity dan eStore, di BIP ada EMAX, di PVJ ada ZOOM, di Ciwalk ada eStore, dan mungkin ada Apple Reseller Store lainnya, Dahulu saya paling anti sama yang namanya Apple Reseller Store, bukan anti sih sebenernya cuma minder hehe.., jadi ga berani masuk. 😛 Saya baru berani masuk untuk pertama kalinya ke Apple Reseller Store saat mau membeli iPod Touch. Nah dari situ saya jadi mulai sering masuk ke yang namanya Apple Reseller Store dan saya mulai menyimpulkan kelebihan dan kekurangan dari Apple Reseller Store yang saya masuki.. 😀 Dan kesimpulan ini tidak lebih dari hanyalah pendapat pribadi saya, kesimpulan akhir tetap di tangan pembaca. Oh ya, saya netral, saya bukan berasal dari pihak Apple reseller manapun, saya netral sebagai konsumen.

  • Velocity

Velocity ini di Bandung bertempat di BEC. Venuenya biasa aja sebagai Apple Authorized Reseller, kaya kios-kios lainnya di BEC cuma bedanya di Velocity barangnya berbau Apple semua. Pelayanannya juga biasa aja. Saya sudah dari dulu sering icip-icip MacBook dan iMac yang dipajang di bagian luar Velocity ini. Harga di Velocity ini mahaaaaaal, harga MacBook Pro 2011 13” yang di situs Apple Storenya seharga $1199 di Velocity ini harganya jadi Rp12.400.000,-

  • EMAX (62-22-4223305)

EMAX di Bandung bertempat di BIP, keliatan kalau dari jalan juga ada di bagian depan BIP sayap sebelah kanan. Tempatnya keren, saya dulu mengira EMAX ini adalah café khusus bagi pengguna Apple, soalnya di depannya banyak kursi meja makan gitu. Taunya di dalamnya adalah sebuah Apple Premium Reseller yang menjual barang-barang Apple.

Saya pertama masuk EMAX ketika mau membeli iPod Touch, ruangannya enak, barangnya lengkap, dan pelayanannya bagus. Para pelayannya menggunakan topi bundar dan ramah sekali, hanya saja mereka cenderung tidak untuk mendekati pengunjung, jadi kita harus berinisiatif sendiri mendekati para pelayannya dan mengutarakan keperluan kita. Saya sudah pernah coba masuk sambil berwajah bingung dan cileup tapi tetap saja tidak didekati oleh para pelayannya, tetap saja saya harus berinisiatif mendekati mereka. /*Update: Saya kemarin ke EMAX langsung disambut hangat oleh pelayannya, mungkin mereka udah baca blog post ini dan memperbaiki diri.. 😛 */

Untuk harga di EMAX ini paling murah menurut saya. Harga MacBook Pro 2011 13” yang di situs Apple Storenya seharga $1199 di EMAX jadi seharga Rp11.950.000,- (di eStore juga harganya segini). Jika ingin membeli aksesoris Apple, di EMAX ini menurut saya tempat yang cocok karena harganya paling murah. Sebagai contoh harga kabel Mini DisplayPort Adapter yang harganya di situs Apple Store seharga Rp299.000,- pas dicek di EMAX juga harganya segitu (di eStore Rp350.000,- dan di ZOOM Rp399.000,-), terus harga antigores MacBook Capdase juga di EMAX seharga Rp200.000,- sedangkan di eStore seharga Rp220.000,-. /*Update: Saya kemarin beli Apple Magic Mouse di EMAX, harganya di situs Apple Store Indonesia Rp699.000 dan di EMAX juga harganya segitu sesuai. Dan ternyata saya sudah menjadi member di EMAX karena saya dulu pernah beli iPod di EMAX jadinya saya dapat diskon 5%. Jadi harga Magic Mouse di EMAX Rp664.050 bahkan lebih murah dari harganya di situs Apple Store Indonesia. :D*/ Di EMAX juga ada Training Roomnya segala. 😀

EMAX juga membuka Campus Reseller di ITB, jadi anak ITB bisa dapet diskon dengan mengunjungi gerai EMAX di ITB. EMAX adalah pilihan utama saya jika ingin membeli barang Apple. Apalagi aksesoris Apple, EMAX ini pilihan tepat. Kita juga dapat melakukan pemesanan barang jika suatu barang tidak tersedia sehingga nanti kita dihubungi melalui telepon ketika barang yang kita inginkan sudah tersedia di EMAX. Oh ya jika kita beli di EMAX, ada juga perlindungan asuransi setahun untuk barang Apple kita. Jadi barang Apple kita bisa diganti dengan yang baru kalau rusak karena kesalahan kita.

  • eStore (62-22-84467515)

eStore bertempat di BEC dan di Ciwalk, tapi yang di BEC tempatnya tersembunyi dan ga jelas, pasti ga bakal nemu dah kalo nyengajain nyari hehe. eStore di Ciwalk tempatnya mantep, Apple Premium Reseller dengan ruangan toko terbaik di kota Bandung menurut saya. Lokasinya di Ciwalk yaitu di depan Ciwalk ada gedung item dengan bentuk rada nyentrik, nah itu eStore.

Di eStore ini barangnya lengkaaaapp juga murah kaya di EMAX, cuma untuk aksesoris di eStore ini lebih mahal mendingan cari di EMAX. Saya di eStore ini pernah membeli MacBook Pro, pelayanannya bagus, selain ada garansi resmi dari Apple, kita juga dapet asuransi dari ACA. Jadi kalau barang Apple kita kebanting, ketelen, kecuci, dan hal-hal lainnya yang tidak dicakup oleh garansi Apple, santai saja ada asuransi. eStore pelayanannya bagus banget walau tanpa topi bundar hehe. Seramah yang di EMAX laah..

  • ZOOM

ZOOM ini adalah Apple Premium Reseller dan berlokasi di PVJ. Dan dengan bertempat di PVJ maka lokasinya bagus dan nyaman dan mahal.. hehe. Pelayanannya bagus banget, kita kalau masuk sini langsung diliatin ama pelayannya, lalu didekati, dan ditanya keperluan kita apa. (Makanya suka malu kalau masuk sini tapi niatnya cuma liat-liat doang hehehe). Barangnya lumayan lengkap.. Saya belum pernah beli barang Apple di sini tapi saya sering masuk nanya-nanya doang. Lokasinya di PVJ lantai G depan blitzmegaplex agak geser dikit.

Kesimpulan saya:

  • Untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik untuk informasi produk kunjungi EMAX, eStore, atau ZOOM.
  • Jika mau membeli, belilah di EMAX atau eStore. Toko-toko ini yang paling murah dan harganya sesuai dengan harga yang tertera di situs Apple Store dan ada asuransinya pula.
  • Khusus jika ingin membeli aksesoris, belilah di EMAX. Hanya EMAX yang harganya sesuai dengan yang tertera di situs Apple Store, reseller yang lainnya lebih mahal.
  • Untuk anak ITB yang ingin membeli barang Apple, kunjungi saja Apple Campus Reseller di ITB yang sebenernya yang punyanya EMAX. Anda bisa mendapat diskon.
  • Reseller yang paling lengkap barangnya, eStore Ciwalk jawabannya. Tokonya 2 lantai. Kemarin saya membeli aksesoris kabel Mini DisplayPort to VGA adapter, saya pertama cek barang dulu ke EMAX, ternyata di EMAX ga ada dan dicek di ZOOM juga ga ada, akhirnya saya ke eStore dan di eStore ada. Walau harganya agak lebih mahal dibanding dengan di EMAX tapi ZOOM masih lebih mahal lagi. Pas protes di eStore kok harganya 350 ribu padahal di EMAX 299 ribu sesuai harga di situs Apple Store, jawaban mereka “beda toko mas”. Hahahahha. Berhubung saya lagi butuh jadi dibeli deh.

Sekali lagi, tulisan di atas hanya diambil dari pengalaman saya mungkin saja salah dan tidak bisa mewakili sepenuhnya kualitas suatu Apple Reseller. Tidak ada maksud untuk menjatuhkan beberapa pihak dan mempromosikan beberapa pihak. Semoga pelayanan Apple Reseller Store semakin baik lagi. Silahkan yang punya tambahan atau sanggahan bisa ngasi komentar di bawah.

Comments
135 Responses to “Memilih Apple Reseller Store di Kota Bandung”
  1. Juan berkata:

    mau nanya,,,, bagusan MPB 2010 atau MPB 2011 ni,,,, khususnya kalo mau main game yang berat2….
    soalnya MPB 2011 ni pakai intel HD graphics 3000,,,, sedangkan MPB 2010 pakai nvidia…. nah,,,, pada umumnya tu,,,, nvidia lebih bagusan dari intel dalam hal vga….
    dan saya juga udah baca dari blog2 di luar tu,,,, ada yang bila kalo MPB 2010 lebih bagusan dari MPB 2011 dalam hal gaming….
    gimana tu mas?? kasi saran n masukannya dong buat pertimbangan….

    • Muhammad Yusuf berkata:

      Iya, benar sekali, MBP 2010 emang lebih bagus VGAnya. Saya bandingkan MBP 2011 saya dengan MBP 2010 punya temen saya lebih kenceng MBP 2011 untuk kinerjanya karena prosesornya yang sudah Core i5. Untuk masalah gaming menurut saya tidak terlalu signifikan perbedaannya.. Entah kalau dibenchmark abis-abisan mungkin terlihat perbedaannya.
      Tapi ada juga kan varian MBP 2011 yang VGAnya pakai VGA ATI Radeon. Itu lebih baik. 🙂

  2. fadhil berkata:

    salam kenal..
    abis baca-baca blog ini kok tiba2 jadi pengen nanya nih…

    kenapa yaa iphone 4 di emax bisa lebih mahal dibandingkan di applestore.com

    sorry kalo pertanyaan nya rada bodoh abis emang ga paham sih.. hehehehe

    • Muhammad Yusuf berkata:

      Salam kenal juga.. 🙂
      Karena kalau di store.apple.com itu harga di USnya sedangkan harga di EMAX itu harga di Indonesia plus bundling dari operator. Jadi ada tambahan harga untuk pajak, unlock, dsb.. Berbeda-beda harga tiap negara makanya.. 🙂

  3. Afi berkata:

    Terima kasih untuk info ny, sangat membantu sekali. Untuk yg di ITB di daerah mana ny y??? Makasih….

    • Muhammad Yusuf berkata:

      Sama-sama..
      Di daerah apaaa ya namanya hahaha.. Di sebelah Hall of Fame ITB kan itu ada gedung putih nah disitu keliatan kok ada logonya Apple Campus Reseller.. 😀

    • kanguus berkata:

      di ITB skrg apple storenya ada di gedung perpus ITB di belakang, jadi lebih enak kalau masuk lewat gerbang belakang, tanya aja perpus pusat ITB.

  4. sendaljepit berkata:

    hiii…..infony membantu bgt1
    kebetulan sy jg lg ngincer iPad2…..jd skr bisa milih2 mau dmana beliny….
    btw diskon khusus untuk pelajar d ITB ms berlakukah?

    karena sy jg baru dlm bidang per Apple an, bole ga sdikit kasih arahan bagaimana merawat gadget, iPad khususnya, supaya awet…(about charging, download, bs kena virus, jailbreak, etc.)
    thx gan….

    • Muhammad Yusuf berkata:

      Sepertinya masih berlaku.. Coba aja dateng ke EMAXnya.. 😀

      Supaya awet, charging jangan setengah-setengah, sebaiknya sampai penuh.. Tapi semua baterai juga pasti makin lama akan makin melemah daya tahannya jadi itu hal yang wajar.. Download aplikasi-aplikasi yang kiranya benar-benar perlu, aplikasi battery saver seperti itu setau saya ga ngefek.. Sejauh ini, belum ada virus yang sangat menyebar untuk produk Apple, jadi berbahagia saja gak usah terlalu takut virus.. 😀 Jailbreak juga hati-hati aja cari yang benar-benar sudah stabil karena ada juga kasus device Apple mati total karena dijailbreak.. 😀

  5. dadang berkata:

    masbro, tau tempat servis hardware iphone 4 engga? misal kaca depan atau belakang pecah, yang bisa ngeganti baru kacanya di mana ya di Bandung? iphone saya udah engga garansi

We need your comment here. Please leave it below.