Perbedaan antara e-Business dan Electronic Business?

Apakah berbeda antara e-Business dan Electronic Business? Ya, berbeda. Lalu apakah kepanjangan dari E-Business? Ya, Electronic Business. Hah?! Jadi?!

Pertama kita bahas dulu apa itu bisnis. Bisnis adalah lingkungan lengkap suatu organisasi. Termasuk di dalamnya ada proses dan keterkaitan proses yang di dalamnya tersebut dengan supplier, employees, dan customer. Mengapa lingkungan lengkap suatu organisasi tetapi didalamnya disebutkan supplier, employees, dan customer? Itu dikarenakan pada buku-buku yang dimaksud dengan organisasi adalah organisasi manufaktur.

Nah kemarin saya mengikuti mata kuliah e-Bisnis dan membahas tentang perbedaan antara e-Business dengan Electronic Business yang ternyata memang berbeda menurut Steven Alter. e-Business adalah melakukan proses bisnis yang kritis menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Proses bisnis yang kritis ini adalah proses bisnis yang dapat membuat sistem tidak berjalan jika proses bisnis tersebut tidak ada. Ya intinya, e-Business adalah menerapkan TIK pada proses bisnis yang kritis (proses bisnis inti).

Sebagai contoh, di hotel ada e-Reservation berarti Reservation adalah proses bisnis yang inti di organisasi hotel tersebut. Nah e-Reservation adalah salah satu aplikasi dari e-Business. Maka dari itu diperlukan business modelling terlebih dahulu supaya kita tahu organisasi tersebut memiliki proses bisnis yang inti di sebelah mana sehingga dapat disebut e-Business.

Sekarang apa itu Electronic Business? Electronic Business adalah menerapkan aplikasi TIK untuk memanajemen bisnis antara organisasi dari/pada perusahaan ke customer. Lebih dekat pengaplikasiannya dengan CRM (Customer Relationship Management).

Jadi apakah kepanjangan dari e-Business adalah Electronic Business? Ya, benar. Apakah beda antara e-Business dengan Electronic Business? Ya, beda ketika kita menyebutkan e-Business dan Electronic Business.

We need your comment here. Please leave it below.