Review iPod touch 4G 32GB

Setelah 3 bulan lebih saya menggunakan iPod touch 4G 32GB, kini saya ingin berbagi pengalaman setelah memiliki dan menggunakan si doPi ini. Saya membeli iPod touch ini langsung di Apple premium reseller yaitu di EMAX BIP. Dan menurut saya EMAX ini recommended lah, karena barangnya yang lengkap dan harganya yang termasuk paling murah dibanding Apple retail store lainnya. iPod ini seperti barang-barang Apple lainnya selain memiliki garansi juga memiliki asuransi. Jadi jika iPod kita kecemplung, terbakar, keinjek, kelempar pas maen game, atau ketelen, kita bisa bawa iPod kita yang rusak dan diganti dengan barang yang baru. Termasuk juga jika baterai ngedrop kita bisa tukar iPod kita dengan iPod yang baru. Asuransi ini berlaku selama satu tahun dan dapat diperpanjang. Tanya sendiri deh ke Apple reseller terdekat, berapa harga perpanjang asuransinya. Biasanya tiap reseller beda-beda cara asuransinya.

Langsung ke review ya, berikut box dari iPod saya yang mewah tapi super simpel dan tidak sebanding dengan harganya (waktu saya beli, harga iPod saya Rp3.085.000). Update: Kemarin denger-denger harganya di eStore sudah Rp 3 juta pas.


Foto dari box iPod touch 4G 32GB saya setelah segelnya dilepas dan iPodnya dikeluarkan (segelnya lumayan keras)

Isi dari box tersebut juga super simpel. Isinya adalah iPod touchnya ditambah buku panduan sederhana, earphone khas iPod, kabel USB 2.0, dan bonus 2 buah stiker Apple. Pas pertama beli dan pertama membuka box iPodnya, kerennya ternyata iPod ini sudah dalam keadaan menyala termasuk Wi-Finya juga sudah dalam keadaan menyala. Kita langsung diberi tampilan selamat datang di iPod baru kita dan beberapa petunjuk langkah-langkah menggunakan iPod.

Isi dari box iPod touch 4G 32 GB. Stikernya tinggal satu karena yang satu lagi udah ditempel di jendela rumah.😀

Dari fisiknya, iPod ini super tipis dan super ringan. Jika ada yang pernah megang iPod touch generasi sebelumnya atau iPhone, pasti pas pegang iPod touch 4G rasanya lebih tipis dan lebih ringan. Termasuk juga earphone khas iPod yang kata si mbak penjualnya di EMAX bahwa earphone ini mengumumkan pada seluruh dunia bahwa kita sedang mendengarkan iPod. Earphone ini super ringan, rasanya tidak ada apapun yang menempel di telinga kita. Jadi ada pengalaman saya ketika saya sedang mendengar lagu menggunakan earphone dan tiba-tiba lagunya mati, saya sempat mengira lagu mati karena earphone saya terlepas dari telinga saya tapi pas saya mencari-cari earphone saya itu dan tidak ketemu, ternyata earphone putih itu masih terpasang di telinga saya dan ternyata iPodnya kepencet tombol pause. Tapi menurut teman saya bahwa itu dikarenakan indra peraba di telinga saya yang kurang sensitif sehingga mau telinganya yang terlepas juga tetap saja saya ga bakal merasakannya.. -______-

Gambar perbandingan iPod touch 4G dan BlackBerry Gemini

Gambar yang lebih jelas untuk perbedaan ketebalan iPod touch 4G dan BlackBerry Gemini

Pada bagian depan iPod ini memiliki sebuah tombol home yang kita gunakan ketika kita akan secara cepat kembali ke menu home screen. Saya menggunakan lapisan antigores merek Capdase. Lumayan bagus teksturnya dengan harga yang lumayan juga (sekitar Rp100.000). Namun antigores ini agak rusak dan sempat terlepas ketika saya ikut kepanitiaan Dinamik6 dimana saya menjadi koordinator logistik dan banyak berlari-lari kesana kemari. Tapi dengan mudah saya pasang lagi dan sampai sekarang masih terpasang dengan beberapa lecet dan bekas terlepas. Di bagian depan ini juga terdapat sebuah kamera depan dari iPod.

Gambar bagian depan dari iPod touch 4G

Lalu pada bagian bawah terdapat konektor USB dan earphone juga sebuah speaker mini yang lumayan mantap. Hanya saja ketika bermain game tanpa earphone sehingga suaranya keluar dari speaker ini, jika kita menggunakan iPod dalam posisi dimiringkan dengan tombol homescreen berada di kanan, speaker ini akan tertutup oleh genggaman tangan kita sehingga suara yang keluar dari speaker ini juga akan tertutup.

Gambar bagian bawah dari iPod touch 4G

Berikutnya bagian samping kiri ada tombol pengatur volume yang menurut saya sangat nyaman dan ergonomis.

Gambar bagian samping kiri dari iPod touch 4G

Berikutnya di bagian atas, ada tombol pengunci atau yang jika kita tekan lama akan mematikan iPod kita. Saya rasa untuk generasi 4G ini tombol penguncinya diletakkan di sisi yang berbeda dari iPod touch generasi sebelumnya. Sebelumnya kalau saya ga salah tombol ini diletakkan di ujung kiri bagian atas iPod, namun sekarang di ujung kanan. Atau mungkin yang diletakkan di ujung kiri itu untuk iPhone, entahlah saya lupa.

Gambar bagian atas dari iPod touch 4G


Mematikan iPod

Lalu sekarang kita menuju bagian belakang dari iPod, bagian belakang ini desainnya bagus namun mudah sekali tergores. Sebenarnya bisa saja dipasang pelindung berupa silikon, tapi saya orangnya ga suka beribet dan rasanya kalau dipasang pelindung itu malah jadi bikin kita gak puas pas make iPodnya. Akhirnya saya putuskan tidak memasang silikon tersebut dengan konsekuensi sekarang iPod saya sudah banyak tergores bagian belakangnya. Di bagian belakang ini terdapat kamera dan microphone. Kamera pada iPod ini untuk aktivitas foto-foto kurang bagus, resolusinya kecil, cuma 960*720. Tapi untuk aktivitas video, superb banget dah, hasilnya sudah kualitas HD 720p (1280*720) walau memang belum diberi fitur anti goncangan, jadi goncangan saat perekaman lumayan terasa. Apapun, iPod ini sudah banyak saya gunakan untuk merekam momen-momen berharga saya😀

Bagian belakang dari iPod

Sekarang yang super keren adalah layar dari iPod ini yang sudah mendukung Apple Retina Display. Jadi satu pikselnya itu sangat kecil sekali sehingga ketajaman gambar berani diadu lah.. Bahkan kita tidak akan bisa melihat bagian sebesar satu piksel dari layar iPod ini karena satu pikselnya mikroskopis sekali.. Tapi layar iPhone 4 dapat membuat minder layar iPod touch 4G ini , layar iPod touch 4G ini jika kita lihat dari berbagai sisi yang tidak semestinya akan terlihat distorsi warna seperti layar-layar LCD kebanyakan, namun layar iPhone 4 akan tetap cerah dan normal dilihat dari sisi manapun. Uwaahh ngiri..

Perbandingan layar iPod touch 4G dengan BlackBerry Gemini dengan pembesaran yang serupa (Insya Allah serupa :D). Terlihat pada BlackBerry Gemini kita dapat melihat bagian-bagian perpikselnya sedangkan pada iPod touch tidak.

Distorsi warna dari layar iPod touch 4G

Berikutnya kita bahas home screen dari iPod touch 4G. Berbeda dari iPod sebelumnya, home screennya sekarang ada gambar latarnya! Bisa folder juga! Kerennya folder ini jika kita membuat sebuah folder dengan menggabungkan beberapa aplikasi, maka folder ini akan otomatis dinamai sesuai dengan tipe aplikasi apa saja yang kita masukkan ke folder ini.

Home screen yang ada gambar latarnya


Folder pada Home Screen iPod

Sekarang kita menuju ke FaceTime pada iPod, FaceTime ini fitur video calling menggunakan jaringan Internet Wi-Fi. Saya pernah dua kali menggunakan FaceTime ini, yang pertama ke pengguna Mac, yang kedua ke sesama pengguna iPod. Dan kualitasnya bagus dan mulus lah.. Tergantung koneksi Internetnya juga sih. Update: Pernah saya denger ceramah di Daarut Tauhid, sesi ceramah dibuka langsung oleh Aa Gym yang sedang umrah dan berada di Madinah. Saya lihat-lihat ternyata mereka pakai teknologi FaceTime untuk video call nya. Dan video callnya lumayan lancar antara Madinah – Bandung (agak putus-putus di suaranya, tapi masih tetap bisa disebut lancar).

Sekarang kita ke fitur Organizer di iPod ini, standar lah.. Ada kalender, catatan, buku kontak.. Untuk buku kontak sendiri saya sinkronkan dengan Windows Contacts di Windows 7 saya, Windows Contacts di Windows 7 hasil sinkronisasi dari BB, jadi semua gadget saya yang ada kontaknya tersinkron semua😀 (update: saya juga sinkronkan kontak di iPod ke Address Book di MacBook saya)😀

Contacts pada iPod


Notes pada iPod

Sekarang ke Game Center yang ada di iPod, Game Center ini memungkinkan kita bermain dan bersaing bersama teman-teman kita. Lumayan seru..

Game Center pada iPod

Sekarang ke kalkulator, awalnya saya agak kecewa dengan kalkulator di iPod karena super simpel tak lebih dari sebuah kalkulator sayur cuma bisa sampai 9 digit pula. Tapi pas saya miringkan iPod saya, ternyata waaaah…

Kalkulator iPod versi satu

Kalkulator iPod versi dua

Lalu iBooks, iBooks ternyata tidak hanya ada di iPad, di iPod juga ada, walau tidak langsung ada tapi harus download dulu di App Store. iBooks ini bisa membaca format PDF juga. Buku-buku juga tersedia banyak di Storenya.

iBooks di iPod

Aplikasi-aplikasi untuk iPod ini banyak banget di App Store, ga bakal bosen-bosen lah.. Ga ada matinya yang pasti.. Oh ya kelupaan, di iPod ini juga tersedia Bahasa Indonesia sebagai bahasa antarmukanya.😀

Bahasa Indonesia di iPod

Nah sekarang, saran saya:

  • Belilah iPod di EMAX (saya tidak ada kaitan apa pun dengan EMAX, saya netral). Pelayanannya bagus dan harganya yang murah membuat saya memilih EMAX. Update: di eStore juga boleh deng, eStore sama bagus pelayanannya, harganya sama dengan di EMAX (cuma untuk tipe barang aksesoris di eStore lebih mahal dari di EMAX. Update: Saya kemarin beli aksesoris kabel Mini DisplayPort Adapter di eStore harganya Rp350 ribu dan di EMAX harganya Rp299 ribu (di EMAX sesuai dengan harga di situs Apple Storenya)), asuransinya pake ACA. eStore Ciwalk gawul tokonya.😀
  • Pasang antigores untuk layar iPod Anda. Antigores tidak akan mengganggu aktifitas ngiPod Anda.
  • Beli iPod touch 4G dengan kapasitas minimal 32 GB. 8GB saya rasa tidak akan cukup mengingat fitur perekaman video HD dan banyaknya aplikasi yang menggoda untuk diunduh.

Bagi yang mau bertanya atau menambahkan review silahkan komentar di bawah.🙂

Comments
279 Responses to “Review iPod touch 4G 32GB”
  1. FAJAR mengatakan:

    GAN,IPOD TOUCH 4th gen 8gb WHITE BERAPA YAH DI EMAX ,ANE PENGEN BANDINGIN HARGA AMA DI KASKUS..MAKASIH

  2. alex mengatakan:

    gan nanya dong, ipod touch bisa buat fban sama twitteran gk yah?

  3. shinta mengatakan:

    gan emax itu bisa pesan online gak? soalnya kan gak ada di pekanbaru.
    thx gan😀

  4. bondan mengatakan:

    saya mau tanya soal camera belakang ipod touch, kalau dibandingkan dengan blackberry gemini/javelin perbandingannya kira2 nilainya brp ya? (1-10)
    camera depan nya?
    minta pendapat detail soal camera ipod dong mas..
    dan punya ipod kira2 ngebosenin ngga ya?soalnya kalo dipikir2 hampir semua fitur nya ada di hp.. apalagi saya lihat di kaskus banyak bgt yg jual ipod.. saya pengen beli jd ragu hehe
    terima kasih sebelumnya..

    • Muhammad Yusuf mengatakan:

      Kamera belakang iPod Touch bagus kalau dipakai merekam video, kualitasnya HD 720p. Walau belum ada fasilitas anti getarannya tapi udah keren banget menurut saya kualitas hasil rekamannya. Nah, tapi kalau dipake foto, jelek, resolusinya cuma 960*720 piksel. Jadi intinya untuk ngerekam video bagus banget dan untuk foto memoto jelek banget.
      Kamera depannya untuk merekam video dan memoto tidak bisa diandalkan.

      Kalau menurut saya iPod ngebosenin ketika kita sudah punya iPhone, karena setiap fitur iPod pasti ada di iPhone. Kalau belum punya iPhone, fitur-fitur di iPod seru dan tidak tergantikan oleh device lain.🙂

  5. fifi mengatakan:

    ka bisa ga sih kita masukin lagu, video, gambar, app, game, dll yang di download dari internet di pc trus kita masukin ke ipod? atau semuanya harus dibeli lewat itunes dan appstore? makasih😀

    • Muhammad Yusuf mengatakan:

      Untuk lagu dan video bisa, tinggal drag dari Windows Explorer di PC ke section iPod di iTunes. Kalau Gambar harus sinkronisasi di iTunesnya. Kalau App dan game harus beli di App Store.🙂

  6. lucky mengatakan:

    mau tanya dong, saya udah connect wifi tapi waktu mau buka app storenya lama banget loadingnya dan muncul tulisan tidak dapat terhubung ke itunes store, itu kenapa ya? trus apa kalau mau download lewat wifi harus pake laptop biar tersambung ke itunesnya ya? makasih:D

  7. Jason mengatakan:

    wah, kalo beli ipod touch unboxingnya di rumah atau di toko?, soalnya kan harus daftar Apple ID dulu baru bisa dipake

  8. anstiru mengatakan:

    gan ane mau nanya, ipod yang terbaru yang 5G ada kamera dua di depan atas, itu betul ato tidak gan

    • Muhammad Yusuf mengatakan:

      Apple belum mengumumkan tentang iPod 5G, jadi berita itu pasti tidak benar. Adapun jika nanti ternyata benar berarti itu hanya kebetulan saja. Dan saya tak habis pikir itu fungsi kamera di atas buat apa juga hehehehe..😛

  9. yangyo mengatakan:

    Mau tanya dong, kalo mau masukin video ke i-touch gimana caranya? langsung copas dari komputer atau download di itunes?
    terus kalo video yg kita cari ga ada di itunes gmn?
    thanks

    • Muhammad Yusuf mengatakan:

      Caranya kita kan konekin iPod kita ke komputer.. Nah nanti iTunes akan terbuka dan ada bagian tentang iPod kita di sidebarnya.. Nah drag aja videonya dari Finder atau explorer ke sana.. Kalau formatnya disupport pasti bisa, tapi kalau ga disupport bakal ada pesan gagal.. Nah perlu diconvert dulu sebelumnya videonya pake aplikasi converter video untuk iPod yg banyak tersedia gratis di Internet..😀

  10. faisal mengatakan:

    misi mau nanya bagusan EMAX, IBOX ato eStore??
    harganya yg paling murah yg mana??

  11. ovi mengatakan:

    mau tanya nih, emang harus bikin apple ID dulu ya sebelum download?
    gimana caranya tuh? apa harus ke tempat belinya di set up dulu atau kita bisa sendiri?
    terima kasih

  12. ovi mengatakan:

    oiya klo mau bikin utility gitu gimana?

  13. ovi mengatakan:

    itu bikin folder baru, trus beberapa aplikasi dimasukin ke situ hehehe

    • Muhammad Yusuf mengatakan:

      Tinggal sentuh dan tahan yang lama ikon salah satu aplikasi sampai ikonnya bergetar-getar. Terus setelah itu drag salah satu ikon ke ikon aplikasi lainnya, maka otomatis dibuatkan folder. Kalau sudah selesai tekan tombol home.😀

  14. ovi mengatakan:

    kalo emoji itu dimana? hehe maaf banyak tanya😀

  15. ovi mengatakan:

    Hehe maaf kalo kurang jelas, emoticon maksudnya, misalnya nih kita pgen ngetweet pake tanda senyum, love kaya gitu deh hehe
    Itu gimana caranya? Dimana? Apa harus didownload dulu?

  16. andi mengatakan:

    Bro,saya mau tanya,gimana sih caranya Download/masukkin video ke iPod Touch? Apakah lewat PC/Laptop dulu atau bisa langsung dari iPod Touch-nya? Gimana caranya?

    Makasih😀

  17. apriliafenty mengatakan:

    mas, itu ga ada sim cardnya bukan? jadi gabisa buat telpon sm sms ya?

  18. bagus arya mengatakan:

    gan….
    mw tanya….
    klo bli apps di app store nya itu, proses nya gmn ya??
    bayar nya pke ap ya??
    hehe
    thx b4

We need your comment here. Please leave it below.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: