Access Forbidden Ketika Instalasi Joomla! di Mac OS X

Error 403: Access Forbidden

Mungkin ada yang secara alamiah pernah mengalami pengalaman yang saya alami berikut ini.😛

Saya menginstall Joomla di Mac OS saya, sudah saya ekstrak folder Joomla saya ke dalam htdocs di XAMPP saya, tapi ketika saya buka melalui http://localhost/<folderjoomlanya&gt; di browser saya yang seharusnya keluar laman instalasi Joomla tetapi malah keluar Error 403 Access Forbidden.

Error 403: Access Forbidden

Error 403: Access Forbidden

Pesan errornya: “You don’t have permission to access the requested object. It is either read-protected or not readable by the server. Kalau kita lihat dari pesan errornya sih, pasti masalahnya di bagian security foldernya, jadi si web servernya ga bisa baca si folder yang dituju karena ga dikasih hak akses. Benar sekali, di Mac OS memang htdocs itu dibatasi hak aksesnya, perlu hak akses administrator untuk bisa memodifikasi berkas-berkas yang ada di dalam htdocs itu. Sedangkan yang namanya instalasi Joomla pasti perlu untuk memodifikasi banyak berkas-berkas di dalam htdocs itu sendiri. Solusinya mudah, tinggal kita ganti saja hak akses untuk folder Joomla kita di htdocs supaya bisa diakses dan dimodifikasi oleh siapa aja.

Caranya klik kanan di folder yang berisi Joomla kita di folder htdocs, pilih Get Info. Setelah terbuka jendela Info dari folder Joomla kita tersebut, di bagian Sharing & Permissions kita rubah hak akses untuk everyone jadi Read & Write seperti pada gambar di bawah ini.

Sharing & Permissions untuk everyone

Sharing & Permissions untuk everyone

Setelah itu, coba buka lagi alamat web Joomla kita di localhost. Maka sekarang laman instalasi Joomla akan terbuka normal.🙂

Laman Instalasi Joomla

Laman Instalasi Joomla

Comments
2 Responses to “Access Forbidden Ketika Instalasi Joomla! di Mac OS X”
  1. adinda mengatakan:

    wow bener” ngebantu infonya.. thx ya..

We need your comment here. Please leave it below.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: