Review Apple Magic Mouse

Alhamdulillah, bulan ini mendapat rejeki berlebih, setelah menyisihkan uang untuk hidup bulan ini dan menabung demi masa depan, ternyata masih ada uang berlebih. Langsung saja pikiran tertuju pada membeli Apple Magic Mouse. Itu karena saya memang membutuhkan sebuah mouse untuk pasangan MacBook saya. Saya pakai MacBook saya di kantor dan pekerjaan saya sangat membutuhkan mouse dan selama ini saya selalu mencabut mouse milik PC desktop saya untuk dibawa ke kantor. Selain tampilannya tidak cocok mouse Logitech berwarna hitam tersebut ketika dipasangkan dengan MacBook saya, juga karena mouse tersebut tidak dirancang khusus bagi pengguna Mac, maka saya berniat membeli mouse khusus bagi pengguna Mac dan yang tidak tanggung-tanggung. Maka Magic Mouse lah pilihan saya. Sebenarnya sekitar setahun yang lalu ketika Magic Mouse ini baru diluncurkan oleh Apple, saya pernah ngeblog review tentang Magic Mouse ini, reviewnya berdasarkan artikel-artikel yang saya baca di Internet, dan kini, saya benar-benar memilikinya!😀😀 Alhamdulillah.😀😀

Unboxing

Saya membeli Apple Magic Mouse ini di EMAX, karena kalau membeli aksesoris Apple memang yang paling saya sarankan adalah di sini. Harga Magic Mouse ini di situs Apple Store Indonesia adalah Rp699.000 dan di EMAX juga harganya sesuai. Namun karena saya sudah menjadi member di EMAX ini, maka saya dapat diskon 5%, jadi uang yang saya keluarkan demi Magic Mouse ini adalah Rp664.050 di diskon lagi jadi Rp664.000😛. Lebih murah dari harganya di situs Apple Store Indonesia!🙂

Seperti barang-barang Apple lainnya, karena alasan demi ramah lingkungan, box kemasan dari Magic Mouse ini juga super minimalis. Isinya adalah satu buah mouse Apple Magic Mouse termasuk 2 baterai AA dan buku panduan dalam berbagai bahasa.

Saat membuka kemasan ini, kita pertama buka segel luarnya dulu, setelah itu ambil Magic Mousenya yang masih menempel dengan kartonnya, lalu pada bagian bawah Magic Mouse terdapat segel yang menempelkan Magic Mouse dengan karton tersebut lepaskan secara perlahan. Akan tersisa bekas lem sedikit pada bagian bawah Magic Mouse, tapi tinggal dibersihkan saja.

Baterai

Magic Mouse ini menggunakan baterai AA (baterai jam biasa). Di dalam Magic Mouse sudah terpasang dua buah baterai AA bermerk Energizer bawaan dari Applenya.  Daya tahan baterai menurut EMAX adalah sekitar satu tahun pemakaian normal (wooooow). Jadi kita ganti baterai sekitar setahun sekali (woooooow). Kalau dipakai terus menerus tanpa henti 24 jam, daya tahannya 3 bulan, itu menurut EMAX dan saya langsung terkaget-kaget mendengar daya tahan baterainya. Tapi terbukti, setelah 4 hari pemakaian normal, kapasitas baterai yang tertulis di menu Magic Mouse masih 100%. /*Update: Udah seminggu dipake digeder, masi 100%. Update lagi: Udah 2 minggu dipake digeder, tetep masih 100% uwaah. Update lagi: Pada hari ke-19 sisa baterai berkurang menjadi 98% dan pada hari ke-20 menjadi 97%. Update lagi: Pada pagi hari ke-21 saya lupa mematikan Magic Mouse semalaman (dan dari dulu saya sering lupa mematikan), sisa baterai berkurang menjadi 91%, agak siangan hari ke-21 sisa baterai berkurang drastis menjadi 88%. Update terakhir: Pada hari ke 81 setelah pemakaian, baterai habis. Saat baterai habis keluar peringatan untuk mengganti baterai dan terlihat pada icon di menu bar seperti pada gambar di bawah ini.*/

Untuk mengganti baterai, tinggal buka penutup baterai di bagian bawah Magic Mouse dengan cara menggeser slot kuncinya kebagian bawah. Hati-hati kutub positif dan negatifnya, jangan sampai terbalik, pemasangan baterai pada Magic Mouse ini juga tidak lazim, yaitu kedua baterai menghadap pada arah kutub yang sama, tidak saling terbalik seperti biasanya kita memasang dua baterai pada alat elektronik lainnya.

Menghubungkan Magic Mouse dengan Mac

Menghubungkan Magic Mouse dengan Mac sangatlah mudah, nyalakan bluetooth pada Mac kita (Mac kita harus terinstall Mac OS minimal versi 10.5.8) lalu nyalakan Magic Mouse kita dengan menggeser switch on/off yang berada pada bagian bawah Magic Mouse ke atas. Lalu setelah itu buka System Preferences, masuk ke bagian Mouse, lalu pilih set up bluetooth Mouse. Lalu akan terjadi proses pairing antara Magic Mouse kita dan Mac kita dan selesai. Setelah itu Pengaturan Mouse akan terbuka.

Setelah itu untuk menghubungkan kembali Magic Mouse kita, tinggal ke bagian menu Bluetooth di Menu Bar lalu ke bagian Apple Magic Mouse lalu klik Connect.

Untuk menghubungkan Magic Mouse kita dengan Mac yang lain, kita harus melakukan unpairing dulu Magic Mouse kita dengan Mac yang sebelumnya lalu lakukan pairing dengan Mac yang akan kita hubungkan dengan Magic Mouse kita.

Desain dan Fitur

Desain dari Apple Magic Mouse ini sangat futuristik, bahkan dapat membuat BlackBerry saya tampak usang jika disandingkan dengan Magic Mouse ini.

Bagian bawahnya terbuat dari bahan semacam aluminium yang mirip seperti bahan pada MacBook unibody. Pada bagian bawah ini terdapat penyangga berwarna hitam sehingga Magic Mouse kita aman walau dipakai pada surface apa pun juga, tidak akan mudah lecet dan tergores bagian bawahnya. Magic Mouse ini dapat digunakan pada berbagai surface, tidak memerlukan mouse pad, saya coba pada keramik juga bisa, pada kaca cermin juga bisa tapi agak loncat-loncat kursornya.

Bagian atasnya dilapisi bahan seperti kaca sehingga jangan takut Magic Mouse kita akan mudah tergores-gores. Magic Mouse ini full multi-touch pada bagian atas dari bagian depan sampai belakang bagian logo Apple.

Dengan multi-touch pada Magic Mouse ini kita dapat melakukan gesture dengan satu jari dan dua jari. Satu jari untuk klik kiri, secondary klik (klik kanan), dan scrolling ke semua arah dengan cara men-swipe satu jari Anda. Fitur scrolling pada Magic Mouse ini seru deh pokoknya.. Dua jari untuk swipe, untuk navigasi back/previous dan next pada Safari, Preview, atau aplikasi lainnya. Hanya saja menurut saya yang dua jari ini kurang ergonomis, jika terlalu sering kita lakukan jari akan terasa pegal, dan memang swiping itu hanya sekali-kali kita lakukan.

Dimensinya cocok untuk genggaman tangan, jarak jangkau bluetoothnya juga lumayan jauh sekitar 10 meter, selebihnya sudah mulai berkurang responnya.

Comments
6 Responses to “Review Apple Magic Mouse”
  1. Akbar Gumbira mengatakan:

    wanjir, banyak duit parah😀

  2. Fikri Rasyid mengatakan:

    Mau nanya dong.. Mighty Mouse ini real life example-nya digunakan untuk apa? Saya sejak menggunakan MBP sudah terlalu nyaman menggunakan multigesture touchpad dan aneh rasanya jika menggunakan mouse🙂

    Anyhow, sama2 mahasiswa UPI nih. salam kenal ya, saya jurusan B. Inggris 2008🙂

    • Muhammad Yusuf mengatakan:

      Ya, memang sih touchpadnya Apple emang juara. Sampai-sampai buat Mac juga ada touchpad yang dijual terpisah. Tapi kalau lo mau ngedit foto pake photoshop, masih capable kah kalau pake touchpad doang? Pasti lebih nyaman pake mouse kan, dan the best Apple’s mouse sekarang ini Magic Mouse ini. FYI, Magic Mouse dan Mighty Mouse itu beda, Mighty Mouse itu mouse sebelum Magic Mouse yang belum multitouch dan masih primitif laaah..😛

      Yo, salam kenal juga. Gw Ilmu Komputer 2008.🙂

      • Fikri Rasyid mengatakan:

        Hho, lebih ke yang butuh presisi gitu ya. Gue ngga terlalu banyak pake buat graphic editing sih, jadi so far touchpad aja udah cukup banget😀

        Haha, gue kirain sama loh LOL

      • Muhammad Yusuf mengatakan:

        Iya juga sih, emang touchpadnya Apple jauh dari cukup.🙂
        Tapi beberapa waktu yang lalu gua ngantor dan kerjaannya pake Adobe Flash, dan di situ gua kewalahan kalau pake touchpad doang (walau sebenernya masih bisa sih, cuma agak lambat jadinya pengerjaan). Akhirnya gua jadi sering minjem mouse temen kantor dan lama-lama gua muak dan akhirnya membeli Apple Magic Mouse ini hahahhaa..

        Beda, dari segi harga aja sudah beda hahaha..😛

We need your comment here. Please leave it below.

