Perian – Pengganti KLite Mega Codec Pack untuk Mac OS X

Baru kedatangan sebuah perangkat Mac beberapa hari yang lalu, dan saya langsung menyesuaikan ruang kerja saya di perangkat Mac ini. Hal yang pertama dilakukan adalah mempelajari alur kerja dan struktur hirarki di Mac OS (maklum selama ini megang Windows. Just like no other. Hhe). Lalu mencari versi MacOS dari aplikasi-aplikasi yang selama ini biasa digunakan di Windows. Juga karena ada juga aplikasi penting yang tidak ada versi MacOSnya (contoh, Microsoft Visual Studio) maka saya mencari cara menginstall Windows di Mac saya (dan akhirnya berhasil menggunakan Boot Camp Assistant, mungkin suatu saat nanti saya blog pengalaman saya). Dan kali ini saya baru saja mencoba menginstal codec media untuk MacOS X.

Jika di Windows biasanya saya menggunakan KLite Mega Codec Pack untuk memperkaya codec media di Windows. Namun sepertinya tidak ada versi KLite Mega Codec Pack untuk OSX. Dan saya menemukan alternatif yang sangat bagus yaitu Perian.

Untuk mengunduh Perian, klik di sini. Perian sangat sesuai dengan perangkat media player bawaan di Mac OS yaitu Quicktime. Perian juga langsung terintegrasi dengan pengaturan System Preferences di MacOS.

Perian ini sayangnya tidak mendukung format WMV. Untuk alternatif dalam membuka berkas media WMV dapat menggunakan VLC Player for Mac OS X. Klik di sini untuk mengunjungi laman pengunduhan VLC Player for Mac OS X.

Comments
2 Responses to “Perian – Pengganti KLite Mega Codec Pack untuk Mac OS X”
  1. muis mengatakan:

    Nice info Gan, senang sekali bacanya, linknya juga akurat, ditunggu artikel mac selanjutnya

We need your comment here. Please leave it below.

