Nokia dan Microsoft? Symbian dan Windows Phone? Qt dan Visual Studio?

Masih ingat dengan kegiatan saya kemarin yang menghadiri Qt Smartphone Developer Day di Jakarta dan Qt Smartphone Developer Workshop di Bandung? Beberapa hari setelah diadakannya acara tersebut oleh Forum Nokia, ternyata datang berita segar yaitu Nokia yang sedang mengejar dalam membuat ekosistem mobile ternyata memilih Microsoft sebagai partner mereka.

Screenshot dari situs Nokia yang menjadikan topik ini sebagai headlinenya

Lalu apa dampak dari kerjasama ini? Ya yang pasti Nokia akan menjadikan platform Microsoft dalam mobile yaitu Windows Phone sebagai strategi utama mereka dalam smartphone mereka. Lalu? Ya kelanjutannya akan seperti berikut:

  • Nokia akan mengadopsi Windows Phone sebagai strategi utama mereka dalam pengembangan ekosistem smartphone mereka.
  • Nokia dengan pasarnya yang sangat besar pastinya akan membantu masa depan dari Windows Phone.
  • Nokia akan mengintegrasikan store mereka dengan Microsoft Marketplace (dalam hal ini Windows Phone Marketplace).
  • Microsoft Development Tools akan digunakan dalam mengembangkan aplikasi yang berjalan di Nokia Windows Phone. (Visual Studio vs Qt)
  • Nokia akan mendukung feature Gaming (Xbox LIVE) dan Office pada Windows Phone.
  • Banyak orang yang terhubung ke Microsoft Exchange server dan Nokia akan mendukungnya.
  • Bing akan menambah kekuatan layanan pencarian pada layanan dan device Nokia. (Termasuk Ovi Map yang akan digabungkan dengan Microsoft Mapping Services seperti Bing Maps)
  • Operator Billing Agreement (yang memungkinkan pembayaran aplikasi atau lainnya menggunakan pulsa dari operator jadi tidak perlu menggunakan kartu kredit) yang hanya dimiliki oleh Nokia akan tersedia di Windows Phone.
  • Nokia dan Microsoft akan bekerja bersama-sama dalam membuat inovasi-inovasi di bidang mobile dan mengembangkan masa depan dari produk mobile.

Jabat tangan antara Nokia dan Microsoft

Lalu bagaimana dengan Nokia Symbian? Dengan Nokia yang sudah membanding-bandingkan kelemahan Symbian dengan kelebihan Windows Phone, nampaknya untuk smartphone kalangan atas Nokia memang akan mengganti Symbian dan melanjutkan dengan Windows Phone. Tapi untuk smartphone kalangan agak bawah yang tidak memenuhi spesifikasi standar Windows Phone pasti masih akan menggunakan Symbian. Dan pasar untuk Symbian pasti masih akan sangat besar.

Lalu timbul pertanyaan pada benak saya bagaimana dengan Qt? Apakah akan kembali redup digantikan oleh Microsoft Visual Studio? (Visual Studio menurut saya jauh lebih nyaman dibandingkan dengan Qt). Lalu bagaimana dengan Symbian yang sudah mahal-mahal dibeli Nokia? Apakah lama-lama akan tergantikan oleh Windows Phone? (Saya jauh lebih nyaman mengembangkan aplikasi Windows Phone dibandingkan mengembangkan aplikasi Symbian). Lalu bagaimana dengan Ovi Store yang baru saja digembar-gemborkan di Indonesia? Pasti akan segera redup kembali oleh Windows Phone Marketplace. Dan bagaimana dengan ekosistem mobile Nokia? Pastinya akan lebih hebat ekosistemnya dengan digabungkannya kedua ekosistem antara ekosistem milik Nokia dan ekosistem milik Microsoft.

Saya dahulu sempat berpikir tentang Nokia yang hebat karena memilih untuk mandiri membeli Symbian dan menggunakan platform Smartphone milik sendiri tersebut daripada menggunakan Android atau Windows Phone seperti vendor vendor mobile lainnya (Sony Ericsson, Samsung, LG). Tapi tampaknya Nokia mulai berpikiran lain dengan menggandeng Microsoft dan tampaknya Nokia tidak berpikiran untuk melakukan apa yang SE, Samsung, ataupun LG lakukan dengan mengembangkan multiplatform di devicenya (Android ataupun Windows Phone), namun nampaknya Nokia hanya akan totalitas dalam mengembangkan satu platform yaitu Windows Phone.

Silahkan baca tautan-tautan berikut:

http://conversations.nokia.com/2011/02/11/five-reasons-to-get-excited-about-a-microsoft-partnership/

http://conversations.nokia.com/2011/02/11/welcome-to-the-third-ecosystem/

http://www.microsoft.com/presspass/press/2011/feb11/02-11partnership.mspx

Juga tonton ini:

Lalu bagaimana dengan Ilse? Ilse sudah lama mendukung platform Windows Phone, jadi tidak ada masalah dengan adanya kerjasama ini. 🙂

Berikut gambaran kerjasama antara Nokia dan Microsoft:

Nokia and Microsoft Ecosystem

Nokia and Microsoft Ecosystem

Comments
4 Responses to “Nokia dan Microsoft? Symbian dan Windows Phone? Qt dan Visual Studio?”
  1. rendyfaqot berkata:

    Jadi bingung nih beli Nokia dengan WP apa Android? Hmm..

    • Muhammad Yusuf berkata:

      Wah beda komentar orang yang banyak duit mah euy.. 😀
      N8 menggunakan OS Windows Phone 7 pasti akan jauh lebih ciamik dibanding N8 Symbian yang kita coba kemaren..
      Udah.. Beli aja Nokia 3315, mungkin saja nanti Nokia mengeluarkan layanan untuk menginstall WP di device tersebut.. 😛

  2. rendyfaqot berkata:

    Nokia 3315 macam apa itu?

We need your comment here. Please leave it below.