Tag – Tag 3D di XAML

Pertama-tama, saya bukan merupakan orang yang mendalami bidang 3D, saya selalu menjauhi aplikasi buatan saya mengandung unsur 3D. Namun sejak saya menggunakan WPF (Windows Presentation Foundation) dalam mengembangkan aplikasi, saya mulai tidak alergi lagi dalam memasukkan unsur 3D ke dalam aplikasi saya. Hal itu dikarenakan kemudahan yang ditawarkan WPF dalam mengeksploitasi unsur 3D. Kita tinggal membuat suatu objek 3D lalu diekspor ke XAML (Extensible Application Markup Language) dimana XAML tersebut merupakan bahasa dalam membuat layout dan objek-objek di WPF. Saya membuat unsur 3D sederhana untuk WPF menggunakan tool gratis seperti Google SketchUp atau berikutnya saya akan lebih memilih dan mendalami aplikasi opensource Blender. Dan tool-tool 3D lainnya yang berbayar seperti Maya, 3Ds Max, atau AutoCad juga memiliki plugin yang mendukung ekspor ke format XAML.

Tool-tool 3D diatas memiliki plugin sehingga mereka dapat mengekspor citra 3D dari tool mereka menjadi XAML. Kita tidak perlu memikirkan dan menghapalkan tag-tag XAML dalam membuat citra 3D karena kita sudah dibantu dengan tool-tool tersebut yang lebih manusiawi. Namun saya sadari juga bahwa saya perlu juga mempelajari tag-tag pencitraan 3D dalam XAML. Maka dari itu saya juga mempelajari tag-tag 3D dalam XAML dan sambil mempelajari hal tersebut saya ingin berbagi ilmunya dengan Anda semua dengan menulis sebuah e-book.

E-book ini dapat bebas Anda unduh di:
http://cid-9080b5a9b9525683.office.live.com/self.aspx/.Public/3D%20dalam%20XAML.pdf

Setelah diunduh Anda dapat dengan bebas belajar secara offline dan menyebarkannya. Namun ingat, tetap patuhi hak ciptanya. Peraturan hak ciptanya ada di dalam buku ini.🙂

Comments
3 Responses to “Tag – Tag 3D di XAML”
  1. Akbar mengatakan:

    sup, bisa bikin model2 3D?

    • Muhammad Yusuf mengatakan:

      Model- 3Dnya? Aku juga belum terlalu jago di bidang 3D. 3D bikinanku cuma sekedar pemodelan buat dipasang di WPF, jadi sederhana banget, ga sampai pake material dan detail edan-edanan. Paling cuma sampai bikin model sederhana, terus dikonversi ke XAML, nah baru di XAMLnya aku bisa disebut bekerja haha. Pokonya mah skill 3D modelling aku hampir setara dengan skill Photoshop kamu deh bar..😛

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] This post was mentioned on Twitter by ILMU KOMPUTER – UPI and Muhammad Yusuf, Muhammad Yusuf. Muhammad Yusuf said: Tag – Tag 3D di XAML: http://wp.me/p169Z6-2q […]



We need your comment here. Please leave it below.

