Briefcase pada Windows 7

Ketika kita mengklik kanan pada Windows Explorer di Windows 7 lalu pilih konteks menu New, disana akan ada banyak pilihan menu diantaranya Folder, Shortcut, dll. Dan salah satu yang mungkin jarang kita pakai adalah Briefcase. Apakah sebenarnya Briefcase pada Windows itu dan apa fungsinya? Kita jawab di blog ini..

Briefcase pada Windows 7

Kita sebenarnya dapat menggunakan Briefcase untuk menyinkronkan berkas diantara dua komputer yang berbeda walau misalnya komputer tersebut tidak terhubung melalui jaringan dengan cara menyalin satu berkas di komputer kita ke komputer lain menggunakan removable media, lalu kita bekerja di komputer lain dengan berkas kita di suatu removable media tersebut dan kita dapat dengan mudah memperbaharui atau menyinkronkan berkas kita yang ada di komputer kita dengan yang ada di removable media tersebut.

Nah sekarang bagaimana cara menggunakan Briefcase tersebut sih..?? Yang pasti ada dua tipe cara menggunakan. Yaitu jika kedua komputer yang kita gunakan saling terhubung melalui jaringan atau jika kedua komputer yang kita gunakan tidak saling terhubung melalui jaringan. ·

Jika Kedua Komputer Terhubung Melalui Jaringan

  1. Pertama-tama buka folder dimana kita mau buat Briefcase kita..
  2. Lalu klik kanan di tempat kosong di jendela Folder di Windows Explorernya, lalu sorot New lalu klik Briefcase. Namai Briefcase tersebut dengan nama “Briefcase Pertamaku” (hehe.. biar kaya lagi pelatihan beneran gitu).
  3. Salin berkas yang mau kita sinkronisasi ke dalam Briefcase tersebut.
  4. Nah sekarang ceritanya kita pindah posisi menjadi berada di komputer kedua, salin Briefcase yang tadi ke komputer ini melalui jaringan.
  5. Nah contohnya sekarang kita melakukan perubahan-perubahan pada Briefcase salinan yang ada di komputer ini.
  6. Ketika kita berada ingin memperbaharui Briefcase yang ada di komputer satu menjadi seperti versi di komputer dua yang telah diubah-ubah maka tinggal klik kanan Briefcase yang ada di komputer dua lalu klik Update All.
  7. Maka berkas yang tadi di salin ke dalam Briefcase di komputer satu akan sama dengan berkas yang ada di dalam Briefcase di komputer dua.

Jika Kedua Komputer Tidak Terhubung Melalui Jaringan

  1. Nah ini yang beribet, komputer ga terhubung tapi pengen sinkronisasi.. Tapi tenang, di Windows 7 ga ada yang namanya beribet hoho..
  2. Kalau ga terhubung melalui jaringan, caranya adalah sinkronisasi melalui Removable Media.
  3. Cara awalnya sama, buat dulu Briefcasenya (namai dengan nama “Briefcase Keduaku” hehe.. XD).
  4. Terus berkas yang mau disinkronisasikannya disalin ke dalam Briefcase tersebut.
  5. Salin Briefcase tersebut ke sebuah Removable Media.
  6. Nah ceritanya kita sekarang sudah ada di komputer kedua dan mau mengubah-ubah berkas yang ada di dalam Briefcase tersebut.
  7. Silahkan ubah-ubah berkas yang ada di dalam Briefcase tersebut dengan catatan kita mengubah-ngubah Briefcase yang ada di dalam Removable Media tanpa dapat menyalin Briefcase tersebut ke komputer kedua dan mengubah-ubah berkas di Briefcase hasil salinan.
  8. Jika sudah, kita kembali ke komputer satu dengan membawa Removable Media kita yang tadi.
  9. Jika mau memperbaharui berkas yang ada di Komputer satu dengan berkas yang ada di Briefcase yang ada di Removable Media yang tadi telah kita utak-atik tinggal klik kanan Briefcase yang ada di Removable Media kita dan klik Update All.
  10. Next-next-next.. jadi dah.
  11. Catatan juga khusus yang sinkronisasi melalui Removable Media, sinkronisasi tidak dapat berlaku sebaliknya. Apa yang kita perbaharui di Komputer satu tidak dapat langsung di perbaharui ke Briefcase yang ada di Removable Media kita. Tetep harus pake proses copy-paste-replace.

Oke that’s all. Moga bermanfaat dan jangan lupa yaa Briefcasenya dipake jangan jadi pajangan doang hehe..

Best regards,

Muhammad Yusuf
Microsoft Student Partners Universitas Pendidikan Indonesia

Comments
5 Responses to “Briefcase pada Windows 7”
  1. amhar mengatakan:

    ai briefcase yang di xp untuk apaan? bukannya sama, kang?

  2. Muhammad Yusuf mengatakan:

    Cek komentar.😛

  3. ruri mengatakan:

    cara nagih security kode gmna ya bos ?

We need your comment here. Please leave it below.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: