Keunikan Huruf Console

Salam,

Serius, ini blog ide dan penyelesaian masalahnya bukan dari tempat lain melainkan dari pengalaman sendiri sama temen tadi siang pas lagi jadi asisten dosen..

Pernah mengalami masalah seperti berikut:

Adela   080999

Didit   080465

Ileni   054622

Wawan   0704322

Keempat baris tersebut semuanya sama, 5 huruf dari nama ditambah 3 spasi lalu dilanjutkan dengan nomor induk. Seharusnya nomor induk mereka rata (rata kiri setelah spasi) karena kesemuanya sama, 5 karakter nama ditambah 3 karakter spasi sebelum nomor induk tersebut (silahkan hitung sendiri). Tetapi mengapa menjadi tidak rata seperti itu?

Sebenarnya jawabannya ada pada bentuk tiap-tiap karakter pada huruf tersebut. Pada teks di atas saya menggunakan tipe huruf Arial. Tiap-tiap karakter pada huruf arial tidak sama lebarnya sehingga walau kita memiliki 2 kata yang sama jumlah karakternya, tetapi beda karakter yang digunakannya, maka akan sedikit banyak berbeda lebar dari kata tersebut. Hal ini cukup mengganggu, apalagi jika kita menemui kasus ini pada pemrograman. Kita sudah mengatur dengan algoritma supaya kesemua nomor induk (pada kasus di atas) rata penulisannya dengan cara menyamakan jumlah karakter sebelum nomor induk pada setiap baris, tetapi tetap saja hasilnya tidak sesuai yang diinginkan jika kita menggunakan jenis huruf biasa, bukan jenis huruf Console.

Huruf Console? Mengapa? Sebenarnya ada keunikan dari jenis huruf-huruf untuk Console (yang mirip tulisan mesin ketik gitu deh). Semua karakter pada huruf-huruf console memiliki lebar yang sama semua! Ini artinya karakter “I” dan “W” memiliki lebar yang serupa! Masa sih?! Sini kita buktikan kalo masih belum percaya… (blagu mau ngebuktiin padahal yang nulis nyadar hal ini juga baru tadi siang he…)

Karakter I dan W pada huruf Courier New (salah satu contoh jenis huruf Console):

I

W

Sama kan? Lebar karakternya? (Nulisnya jadi pake tipe huruf Courier New soalnya males pegang mouse terus pergi ke toolbar terus ganti huruf ke Arial lagi hehe)

Sebenernya klo diukur-ukur beda juga sih.. hehe. Di monitor saya dengan tipe huruf Courier New dan ukuran huruf 90, karakter I memiliki lebar sekitar 1,5 cm dan karakter W memiliki lebar sekitar 2 cm. Tapi pada karakter I ditambahkan ruang kosong di kiri kanannya untuk menambah lebarnya menjadi sekitar 2 cm dan menjadi sama dengan lebar karakter W. Berikut contoh lagi:

Ini

Wni

Tuh kan kebukti! Kata “Ini” sama “Wni” lebarnya sama kan?! Gokil ga tuh.. Kita coba kalo pake tipe huruf Arial:

Ini

Wni

Busseet… jauh bener interval beda lebarnya.. Malah kata “Ini” hampir sebanding dengan karakter “W” (Nulisnya pake Arial lagi, tau sendiri lah alesannya). Berikut contoh kasus pertama kita kalau udah pake tipe huruf Courier New:

Adela   080999

Didit   080465

Ileni   054622

Wawan   0704322

Rata kan nomor induknya?! Akhirnya.. Problem solved! Mulai sekarang cintai juga huruf-huruf console..

Comments
3 Responses to “Keunikan Huruf Console”
  1. aulia mengatakan:

    Alus pisan..naha bisa kitu nya..i love console ^^v

  2. Dicky mengatakan:

    wakawkawkawk hade cup , haji dede . . .

  3. Muhammad mengatakan:

    oke… oke… heheh

We need your comment here. Please leave it below.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: